Renungan

Renungan Joger, Sabtu, 24 Juni 2017

Renungan Joger, Sabtu, 24 Juni 2017.

Apakah berdoa, bekerja, berkarya, belajar, berhemat, bayar pajak, dan berbuat sosial secara wajar sebagai pengusaha atau sebagai pedagang tidak termasuk kegiatan kehidupan maupun profesi positif untuk membela dan mencintai negara? Apakah untuk membela negara kita tercinta ini, kita harus mencari nafkah dengan jadi tentara atau jadi pegawai negeri atau jadi penguasa? Apakah jadi seniman tidak boleh????

Renungan Joger, Jumat, 23 Juni 2017

Renungan Joger, Jumat, 23 Juni 2017.

Marilah kita cintai dan jaga kebersihan maupun kelestarian pulau Bali secara benar-benar baik, jujur, dan benar tanpa harus membenci, mengotori, maupun merusak pulau lain secara benar-benar tidak baik, tidak jujur, dan tidak benar! > Merdeka! Terima kasih!

Renungan Joger, Kamis, 22 Juni 2017

Renungan Joger, Kamis, 22 Juni 2017.

Untuk menjaga nilai-nilai luhur budaya Bali, sudah selayaknya lah kita (orang-orang Bali yang berbudaya Bali dan benar-benar mencintai Bali sebagai bagian tak terpisahkan dari NKRI ini) tidak hanya sibuk berbangga diri (puas diri) menyandang status sebagai orang Bali asli tanpa benar-benar tahu, paham, dan benar-benar proaktif memelihara dan menumbuhkembangkan budaya orang Bali yang benar-benar (tidak hanya se-olah2 saja) baik, jujur, dan luhur. OK?

Renungan Joger, Rabu, 21 Juni 2017

Renungan Joger, Rabu, 21 Juni 2017.

Kalau ingin beli barang-barang umum, pergilah ke toko-toko umum! Kalau ingin beli barang-barang luar biasa, pergilah ke toko-toko luar biasa! Dan kalau memang benar-benar ingin beli barang-barang unik khas Joger yang asli, janganlah pergi ke mana-mana, tapi langsung saja ke Joger-Kuta atau ke Joger-Luwus yang hanya ada di pulau Bali saja! Karena barang-barang unik khas Joger yang asli tidak diperjualbelikan di luar kedua tempat itu! Welcome to Bali! Terima kasih!

Renungan Joger, Selasa, 20 Juni 2017

Renungan Joger, Selasa, 20 Juni 2017.

Lebih baik ambil untung tidak banyak, tapi punya pelanggan banyak, daripada ambil untung banyak-banyak, tapi malah punya pelanggan satu atau dua saja. Dalam arti, lebih baik rencanakan dan lakukanlah langkah-langkah kecil tapi tetap tumbuh secara sehat, daripada ambil dan melakukan langkah-langkah besar tapi malah jatuh, terluka, dan kemudian malah bangkrut.

Renungan Joger, Senin, 19 Juni 2017

Renungan Joger, Senin, 19 Juni 2017.

Jangan pernah mimpi untuk mendapat kehidupan yang baik, sejahtera, damai, tenteram, dan bahagia lahir batin dunia akhirat dengan memperoleh kekayan maupun kekuasaan dengan melakukan hal-hal yang tidak baik, tidak legal, dan tidak bermoral, seperti korupsi, kolusi, koncoisme, nepotisme, premanisme (meneror, memeras, mencuri, mencopet, maupun merampok). Oke?

Renungan Joger, Minggu, 18 Juni 2017

Renungan Joger, Minggu, 18 Juni 2017.

Dulu, sebelum 1986, tampaknya belum ada pengusaha yang menganut konsep bisnis “happiness oriented”, karena para pengusaha di masa itu masih sangat amat bangga dan mendukung konsep “profit oriented”, karena bagi mereka “keuntungan materi atau uang” adalah tujuan utama mereka dalam berkiprah sebagai pengusaha. Waktu itu, saya (Mr/Pak Joger) masih sering disangka maupun dituduh gila, tapi sekarang syukurlah tidak lagi. Oke?

Renungan Joger, Sabtu, 17 Juni 2017

Renungan Joger, Sabtu, 17 Juni 2017.

Awas, tidak semua pengusaha yang menggaji anak-buahnya di bawah patokan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) pasti jahat atau kikir, karena mungkin saja perusahaannya memang belum mampu, tapi kami di Joger tidak ada UMK, karena Joger adalah sebuah keluarga yang memberi uang saku optimal + makan maksimal 3 kali, minimal 2 kali setiap hari bagi segenap anggota keluarga Joger. Optimal adalah yang terbaik dan teradil.

Renungan Joger, Jumat, 16 Juni 2017

Renungan Joger, Jumat, 16 Juni 2017.

Jangan ratapi masa lalu kita yang hitam atau abu-abu tua, tapi marilah kita ambil hikmah dari masa lalu kita dengan berpikir, berkata dan berbuat sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang kita miliki saat ini, justru agar masa depan kita bisa baik atau lebih baik daripada masa lalu dan masa kini kita!

Renungan Joger, Kamis, 15 Juni 2017

Renungan Joger, Kamis, 15 Juni 2017.

Sebenarnya orang gila maupun orang genius adalah sama-sama abnormal, tapi orang-orang yang sudah benar-benar gila, biasanya malah sering sangat yakin bahwa diri mereka genius, sedangkan orang-orang genius malah sering sadar bahwa diri mereka memang abnormal atau bahkan sering percaya bahwa diri mereka gila.